Menengok Eksotisnya Tol Kahyangan di Jawa Tengah, Bikin Mata Melek

tol kahyangan
Tol Kahyangan sudah bukan hal asing lagi bagi pecinta wisata, khususnya di wilayah Jawa Tengah, Jalan ini terdapat di dataran tinggi/Foto: Istimewa

JAWA TENGAH, INDOtayang.COM– Tol Kahyangan sudah bukan hal asing lagi bagi pecinta wisata, khususnya di Jawa Tengah (Jateng). Tak tanggung-tanggung, di wilayah itu sendiri ada dua ruas tol yang disebut-sebut sebagai Tol Kahyangan.

Semenjak punya nama populer itu, keberadaannya semakin ramai kunjungan ribuan wisatawan, baik dari Jawa Tengah maupun wisatawan luar.

Melansir dari Ayosemarang.com jaringan Suara.com, istilah Tol Kahyangan muncul pada pertengahan tahun 2020 yaitu saat viralnya jalan yang terlihat mengarah ke langit.

Jalan ini terdapat di dataran tinggi, sehingga saat tertutup kabut jalan ini seolah benar-benar dapat menembus kahyangan. Lalu di mana saja dua Tol Kahyangan milik Jateng?

Tol Kahyangan Kabupaten Batang

Tol Kahyangan yang pertama adalah Tol Kahyangan yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tepatnya, wisata Tol Kahyangan ini berada di Jl Bawang, Sigemplong, Pranten, Bawang, Kabupaten Batang.

 

Jawa Tengah, Tol Kahyangan, Kabupaten Magelang
Pemandangan di Tol Kahyangan Dieng saat siang hari. (Instagram/lilyanisoetirta)

Tol Kahyangan Bawang ini viral di pertengahan tahun 2020 sekitar bulan Juli. Pada mulanya jalan ini hanyalah jalan yang gunakan oleh masyarakat untuk dapat sampai ke pusat keramaian.

Namun semakin lama jalan ini semakin ramai jadikan jalan alternatif dari Banjarnegara menuju Kabupaten Batang, berlaku pula sebaliknya.

Jalur ini menjadi semakin ramai ketika banyak terlewati oleh rombongan premotor/touring. Para pengendara menyukai jalur ini karena jalannya yang berkelok-kelok dan menyuguhkan pemandangan yang menawan.

Tol Kahyangan Kabupaten Magelang

Tol Kahyangan kedua adalah Tol Kahyangan yang terletak di Kabupaten Magelang. Lebih tepatnya, Tol Kahyangan ini terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng.

Tol Kahyangan Magelang ini tengah hits di kalangan wisatawan karena keindahan pemandangan serta rute yang tidak begitu sulit untuk diakses.

Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan Dusun Suwanting, Desa Banyuroto dengan Dusun Wonodadi, Desa Wonolelo.

Apabila mendatangi Tol Kahyangan ini sebelum matahari terbit, keindahan matahari terbit akan muncul di antara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Apabila Anda ingin mendatangi Tol Kahyangan ini, sebaiknya untuk melewati Wonolelo saja karena jalan lebih mudah akses. (RIF)