Jika Tidak Mau Mati Muda STOP Sarapan Nasi Kuning Ditambah 2 Bahan ini

  • Bagikan
Nasi Kuning
Sarapan besok pagi dengan nasi kuning tentu nikmat. Apalagi mendapatkannya tentu sangat mudah. Belum lagi harganya sangat terjangkau/Foto: Ilustrasi Nasi Kuning/ Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM — Sarapan besok pagi dengan nasi kuning tentu nikmat. Apalagi mendapatkan nasi kuning tentu sangat mudah. Belum lagi harga dari nasi kuning yang sangat terjangkau.

Nasi kuning juga bisa memberikan energi yang cukup untuk beraktifitas sepanjang hari.

Tapi tentunya wajib memperhatikan bahan tambahan yang ada di atas nasi kuning. Bukan kenyang, bisa-bisa malah keluar uang lebih untuk biaya perawatan.

1. Mi atau Bihun Goreng

Bihun Goreng
Ilustrasi Bihun Goreng. Gambar : Istimewa

Kenapa mi atau bihun goreng?

Padahal mi dan bihun goreng sering jadi tambahannya karena bisa menambah nikmat dan kenyang perut.

Tapi, mulai sekarang sebaiknya kita hindari.

Kenapa?

Pasalnya keduanya merupakan sama-sama sumber karbohidrat.

Melansir Grid.ID dari laman Grid Health, perlu kita ketahui, selain tinggi akan kadar karbohidrat, nasi dan mi atau bihun goreng juga punya indeks glikemik yang tinggi.

Diwartakan Mayo Clinic, indeks glikemik (IG/GI) adalah satuan untuk menunjukkan kemampuan dari satu makanan untuk meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi.

Semakin tinggi suatu GI, tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah.

Karena nilai indeks glikemik keduanya yang tinggi, maka sebaiknya tidak mengonsumsi mi atau bihun goreng dan nasi secara bersamaan.

Pasalnya jika dilakukan bersamaan, apalagi sering, akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Hal ini karena gula darah yang naik dengan cepat.

Ketika gula darah naik, pankreas akan memproduksi hormon insulin untuk menurunkan gula darah.

Jika hal ini terjadi, tubuh bisa kehilangan respons terhadap insulin, yang menyebabkan meningkatnya risiko diabetes tipe 2 tersebut.

Mengonsumsi mi atau bihun goreng dan nasi dalam satu piring juga bisa menyebabkan munculnya risiko obesitas, karena gula pada keduanya mengandung banyak kalori.

Kalori yang berlebih ini akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, terlebih kalau kita kurang bergerak, maka lemak tidak akan terbakar.

Perlu kita ingat bahwa mengonsumsi nasi dan mi atau bihun goreng secara bersamaan memang sebaiknya kita hindari, agar tubuh tidak kelebihan kalori sehingga tidak baik bagi kesehatan.

  • Bagikan