Semua Tentang Ikan Koi : Jenis, Harga Hingga Cara Memeliharanya

  • Bagikan
ikan koi
Ternyata memelihara ikan Koi bisa menjadi usaha bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan cuan, dengan coraknya yang beragam dan cantik/Foto: Ilustrasi Ikan Koi/istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM — Ternyata memelihara ikan Koi bisa menjadi usaha bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan cuan, terutama dengan coraknya yang beragam dan cantik.

Ikan asal Negeri Sakura alias Jepang ini sebagian orang sangat percaya sebagai simbol persahabatan, cinta hingga keberuntungan.

Koi mulai menjadi fenomenal di Indonesia sebagai ikan hias yang populer. Banyak peminat yang bahkan menjadikan ikan Koi sebagai budidaya yang menguntungkan.

Bagaimana tidak, harga Koi bisa sangat mahal jika memiliki corak yang unik dan juga cantik. Lalu, bagaimana asal-usul ikan Koi hingga masuk ke Indonesia?

Koi viral di Indonesia

Dulu, pedagang China pertama kali membawa Koi ke Jepang pada abad ke -17 untuk menjadi santapan nikmat.

Lalu, sekitar tahun 1980-an, petani Jepang membawa Koi sebagai hiasan estetika di rumah. Mulailah perkembangan ikan Koi warna-warni dilakukan.

Sementara, budidaya Koi di Indonesia mulai terkenal pada 1960 ketika Presiden Soekarno, mendapat hadiah dari Pemerintah Cina berupa ikan hias itu.

Kemudian, Presiden Soekarno memberikan ikan Koi tersebut kepada pelaku budidaya ternak di Batu, Jawa Timur dengan tujuan untuk mengembangbiakkan benih-benih ikan hias tersebut.

Dari sini lah budidaya Koi di Indonesia mulai menjamur.

Blitar semakin dikenal sebagai sentral ikan Koi terbaik di Indonesia. Asal muasal tumbuhnya Koi lokal asli Indonesia pertama pun berasal dari Blitar. Lalu, popularitas ikan Koi terus meningkat sejak 1960.

Salah satu ikan hias tersebut yang memiliki kualitas bagus dan disukai oleh banyak orang adalah ikan Koi Blitar. Banyak orang yang rela pergi ke Blitar untuk mencari tahu cara budidaya ikan Koi.

  • Bagikan