Misteri Km 97 Tol Cipularang Sebagai Poros Gaib dan Peminta Tumbal

  • Bagikan
km 97
Jalan tol Cipularang atau Purbaleunyi KM 97, dikenal dengan mitos sebagai ruas tol yang banyak meminta korban akibat kecelakaan./ Foto : Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM — Jalan tol Cipularang atau Purbaleunyi KM 97, dikenal dengan mitos sebagai ruas tol yang banyak meminta korban akibat kecelakaan.

Ruas tol ini posisinya berada di sekitar Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut sejarah, Gunung Hejo dulu menjadi tempat bernaung binatang monyet, tetapi sekarang sudah punah.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, keangkeran Gunung Hejo yang dianggap semakin kental seiring dengan banyaknya terjadi kecelakaan di ruas tol cipularang terutama Km 97-90 arah Bandung.

Data Korban kecelakaan Km 97

Tercatat, beberapa nyawa dari nama-nama terkenal pun melayang sia-sia akibat kecelakaan di sepanjang tol Cipularang tersebut.

Pada juli 2011 silam, dua perwira TNI dari Pusenif Kodam III Siliwangi meninggal dunia, karena kecelakaan di ruas tersebut.

Pedangdut Saipul Jamil pun turut alami kecelakaan, hingga merenggut nyawa istrinya, Virginia Anggraeni.

Dalam kecelakaan itu, istri Saipul Jamil tewas di tempat. Sedangkan sembilan lainnya, termasuk Saipul Jamil selamat.

Mobil itu berisi 10 orang dengan posisi, tiga penumpang, termasuk anak kecil di depan, tiga di tengah, dan empat di belakang.

Berikutnya, enam nyawa kaum urban asal Kebumen, Jawa Tengah, yang hendak mengadu nasib ke Jakarta, tewas seketika, akibat mobil travel yang mereka tumpangi menabrak belakang truk yang berada di depannya.

Kecelakaan yang sering terjadi di kawasan itu menimbulkan banyak spekulasi, baik yang rasional maupun irasional.

Namun, di balik semua mitos tersebut, sewajarnya memang para pengendara wajib berhati-hati kala melintasi area tersebut.

Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga, menyampaikan, agar pengemudi yang melintas area tersebut harus lebih waspada.

Kontur Jalan

Pasalnya, Jalan tol KM 97 memang memiliki medan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem.

Cuaca yang sering berkabut pun juga sering membuat jarak pandang mata sangat terbatas.

Mesipun mitos kawasan itu terdapat poros gaib yang kerap meminta tumbal dari pengguna jalan yang melintasi ruas tersebut, namun kunci dari keselamatan adalah berdoa dan berkendara dengan aman.

Nah, gimana tanggapan kalian soal banyaknya masyarakat yang menghubungkan keangkeran di Jalan Tol Cipularang dengan keberadaan makam yang ada di Gunung Hejo di KM 96. (Yan/Jack)

Sumber : gridoto

  • Bagikan