Waspada Ular Kobra Berkeliaran di Musim Hujan, Yuk Kenali Sarangnya!

  • Bagikan
ular kobra
Saat-saat musim penghujan adalah waktu yang tepat bagi ular kobra menetaskan telurnya. Ular kobra akan mencari sarang yang nyaman untuk berkembang biak/Foto: Ilustrasi Ular Kobra/Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM — Saat-saat musim penghujan adalah waktu yang tepat bagi ular kobra menetaskan telurnya. Ular kobra akan mencari sarang yang nyaman untuk berkembang biak.

Mereka cenderung menyukai area yang gelap dan lembab untuk jadi sarang.

Ular sendiri merupakan hewan yang nomaden alias sering berpindah-pindah. Mereka akan selalu mencari tempat yang aman untuk bersembunyi. Bahkan, hewan ini bisa membuat sarang di dalam rumah!

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hewan ini bisa bersarang dan bertelur di area pemukiman rumah apalagi saat musim penghujan.

Sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri tempat yang disukai ular kobra untuk membuat sarang, sehingga bisa mendeteksinya dan berjaga-jaga sejak awal.

1. Tempat Gelap Jarang Tersentuh

Kobra akan memilih tempat bersembunyi di tempat yang gelap dan tempat-tempat yang jarang terawat.

Seperti gudang, loteng, saluran drainase dan tempat gelap lainnya.

2. Tempat Berlubang dan Lembab

Kobra sering kali bersarang dan bertelur di tempat lubang-lubang seperti pada saluran air dan pipa pembuangan yang juga memiliki suhu lembab.

Karena telur ular kobra tidak akan menetas pada ruangan yang terlalu kering.

3. Ilalang Tidak Terawat

Kobra juga menyukai tempat yang rimbun seperti pada rimbunan pohon atau ilalang. Apalagi jika tempat yang rimbun ini jarang sekali dibersihkan.

  • Bagikan