Berikut 5 Mitos Hal Gaib Yang Berkaitan dengan Bunga Wijaya Kusuma

  • Bagikan
wijaya kusuma
Inilah tanaman bunga Wijaya Kusuma yang kerap berkaitan dengan mitos gaib dan menjadi koleksi generasi orangtua dan kakek nenek kita/ Foto : Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM— Inilah tanaman bunga Wijaya Kusuma yang kerap berkaitan dengan mitos gaib dan menjadi koleksi generasi orangtua dan kakek nenek kita. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini, cocok untuk mereka yang sabar dalam penantian waktunya ia mekar di tengah malam, di waktu tertentu.

Tanaman yang punya julukan Ratu Malam tersebut memiliki bentuk yang unik. Hal ini bisa terlihat dari beberapa hal, seperti tulang daunnya yang menyerupai kerangka ikan dan juga daunnya yang berbentuk zig-zag. Selain itu, bentuk daunnya yang zig-zag tersebut memiliki tekstur yang tebal serta bergerigi, yang membuat bunga wijaya kusuma ini semakin sedap untuk dipandang.
Namun, di balik keindahannya, tanaman beriklim tropis ini punya banyak mitos yang sering kali memiliki sangkutpaut dengan hal mistis, lho. Kamu penasaran dengan mitos mengenai tanaman yang bunganya jarang mekar ini? Berikut 5 mitos mengenai bunga wijaya kusuma.

1. Bunga para raja dan ratu

Bunga yang memiliki nama ilmiah Epiphyllum anguliger ini sebagai bunga kesukaan para raja dan ratu pada zaman dahulu. Warna serta kelopak yang cantik menjadi alasan mengapa para raja dan ratu menyukai bunga yang hanya bermekaran di malam hari ini.

Pada zaman kerajaan dahulu, bunga wijaya kusuma juga cukup sulit ditemukan. Alhasil, kerajaan yang memiliki bunga tersebut di dalam istananya disebut-sebut sebagai sebuah kerajaan yang makmur.

Bunga wijaya kusuma ini juga menjadi salah satu pilihan kado romantis yang bisa diberikan raja kepada ratu. Selain karena kelangkaannya, perjuangan raja yang harus masuk ke dalam hutan bersama pengawalnya untuk mencari bunga wijaya kusuma, juga menjadi alasan kenapa bunga ini tergolong kado yang romantis.

2. Tanaman kesayangan Ratu Pantai Selatan

Bunga wijaya kusuma juga masyarakat anggap sebagai tanaman kesayangan Nyi Roro Kidul. Asumsi ini ada lantaran kepercayaan masyarakat Jawa yang menganggap bunga ini  tercipta khusus sebagai sesajen untuk si penguasa Pantai Selatan tersebut.

Ada juga satu mitos gaib mengenai bunga ini yang cukup santer beredar pada daerah Cilacap, Jawa Tengah. Masyarakat sana mempercayai bahwa bunga wijaya kusuma merupakan anak dari seorang perempuan yang terjun ke dalam lautan dan kemudian menikah dengan makhluk gaib. Anak dari keduanya disebut-sebut mengalami kecacatan dan berbentuk bunga yang sampai saat ini terkenal sebagai bunga tersebut .

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.