Kisah Nabi Sulaiman AS Dengan Ratu Balqis Dari Negeri Saba

  • Bagikan
nabi sulaiman as
Nabi Sulaiman Alaihisalam adalah putra Nabi Daud AS. Setelah Nabi Daud meninggal, Nabi Sulaiman AS menggantikannya baik sebagai raja/Foto Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM– Nabi Sulaiman Alaihisalam. Beliau putra Nabi Daud Alaihisalam, yang merupakan keturunan Nabi Ibrahim yang ke-13. Setelah Nabi Daud Alaihisalam. meninggal, Nabi Sulaiman AS menggantikannya baik sebagai raja yang mewarisi tahtanya dan juga sebagai Nabi yang melanjutkan menyiarkan risalah kenabiannya untuk menyampaikan kepada umatnya.

Karunia Allah Swt. yang menganugrahkan kepadanya, yang kemudian sebagai mukjizatnya yaitu dapat mengerti bahasa binatang, sebagaimana tertera dalam kitab suci al-Qur’an sebagai berikut:

“Hai sekalian semut, masuklah kamu ke dalam sarangmu, agar kalian tidak terinjak Sulaiman dan balatentaranya, sedangkan mereka tidak mengetahuinya. mendengar itu Sulaiman tertawa seraya berdo’a kepada Tuhan: Ya Tuhanku, tetapkanlah hatiku buat bersyukur kepada Engkau, yang telah memberikan karunia kepadaku dan kepada ibu-bapakku, dan masukkanlah kami ke dalam hamba-hambaku yang saleh-saleh.” (Q.S. an-Namel Ayat 18-19).

Sewaktu Nabi Sulaiman kehabisan air di daerah Yaman burung Hud-hud mendapatkan perintah mencari sumber air, tetapi burung Hud-hud tidak kembali lagi. Karena itu Nabi Sulaiman marah, dnegan ujarnya:

“Kalau Hud-hud pulang panggang sajalah ia hidup-hidup”.

Baru saja Nabi Sulaiman bicara demikian burung Hud-hud datang.

“Kemana saja engkau hai Hud-hud?” tanya Nabi Sulaiman Alaihisalam

Hud-Hud menjawab; “Maafkanlah ya Rasulullah, aku telah tersesat di daerah yang sangat jauh dari tempat ini, di tempat tersebut di perintah oleh seorang putri Balqis ia punya nama, sedang kerajaannya bernama Saba.”

Mendengar laporan Hud-hud itu, hilanglah amarah Nabi Sulaiman, karena tertarik kisahnya itu. Kemudian Ia membuat sepucuk surat kepada raja perempuan itu yang berisi seruan untuk menyembah Allah Swt. dengan menyatakan bahwa Allah SWT yang telah menganugrahi kerajaan yang besar itu, karena itu wajib menyembah Allah dan janganlah menyembah selain-Nya.

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.