Penghuni Tak Kasat Mata Pulau Borneo, Misteri Suku Bunian

  • Bagikan
suku bunian
Suku Bunian adalah sekelompok suku gaib yang mendiami daerah pedalaman kalimantan Barat dan terkenal sakti juga sering membantu manusia/Foto: Ilustrasi: Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM — Suku Bunian atau Orang Bunian adalah nama yang mungkin sangat asing bagi kita. Tapi, kalau kita pergi ke Kalimantan, tepatnya daerah bagian Barat, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang lazim menjadi buah bibir.

Bunian secara umum sering terdefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut. Mereka ini terkenal sakti dan katanya sering membantu manusia.

Tak seperti makhluk halus kebanyakan, Bunian ini sering menciptakan cerita-cerita yang bagus. Entah mereka yang membantu manusia saat tersesat di  hutan, memberi petuah-petuah, sampai melibatkan dirinya dalam perang-perang.

Tapi, bagaimana pun juga orang Bunian adalah makhluk halus yang tak bisa. Kadang mereka ini juga kerap berbuat jahil dan suka menyesatkan.

Sampai sekarang ini orang-orang kebanyakan masih meragukan keberadaan Bunian. Memang tak pernah ada bukti validnya, tapi masyarakat sekitar pedalaman sendiri begitu mempercayai eksistensi makhluk satu ini.

Bagi orang Kalimantan Barat, Bunian sudah tentu bukan barang asing. Seperti yang sudah ada bahasannya pada bagian atas tadi, mereka ini adalah makhluk gaib yang  tinggal dan menempati daerah itu.

  • Bagikan