TRUTH Sebut BUMD Kabupaten Tangerang Harus Diaudit Dana Covid-19

  • Bagikan
dana covid-19
TRUTH sebut Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang harus diaudit terkait dana Covid-19/Foto: Ilustrasi.

BANTEN, INDOtayang.COM — Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) menyebut, bahwa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang, Banten, harus diaudit terkait soal dana Covid-19.

Hal tersebut menyusul mencuatnya dugaan praktik tindak korupsi pada PT LKM AKR, salah satu BUMD Kabupaten Tangerang.

Wakil Koordinator TRUTH, Jupry Nugroho mengatakan, dugaan penyelewengan dana stimulan Covid-19 di PT LKM AKR, bisa menjadi pintu masuk untuk melakukan audit penggunaan dana Covid-19 pada BUMD lainnya di Kabupaten Tangerang.

“Karena tidak menutup kemungkinan, dugaan praktik tindak korupsi pada PT LKM AKR itu, juga terjadi di BUMD lainnya,” ungkap Jupry, Kamis (13/1/2022).

Menurut Jupry, terkuaknya dugaan penyelewengan dana Covid-19 di PT LKM AKR harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten.

Kendati, kata dia, jika Pemkab Tangerang diam saja. Maka seolah memang ada pembiaran.

Sehingga tidak menutup kemungkinan, dugaan praktik semacam ini terjadi juga di BUMD lainnya, yang menerima bantuan Covid-19 ataupun bantuan lainnya.

“Ini (dugaan korupsi di BUMD) harus menjadi perhatian serius Pemkab Tangerang,” ujarnya.

Dalam hal ini, menurut Jupry, perlu adanya transparansi kepada masyarakat terkait bagaimana LKM dalam mengelola anggaran, baik yang bersumber dari APBD maupun bantuan lain.

Sehingga kewajiban masyarakat yang juga berhak mengawasi dapat terlaksana dengan benar.

“Jadi dapat meminimalisir potensi penyelewengan anggaran,” ucapnya.

  • Bagikan