PWI dan Kejati Banten MoU Perlindungan Kemerdekaan Pers

kejati banten
Penandatanganan MoU antara PWI Banten dan Kejaksaan Tinggi, bertempat di Aula Kejati Banten, Kamis (20/1/2022).

BANTEN, INDOtayang.COM — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) menandatagani nota kesepahaman (MoU), bertempat di Aula Kejati Banten, Kamis (20/1/2022).

MoU tersebut merupakan bentuk sinergitas antara organisasi profesi wartawan dengan institusi penegak hukum itu di wilayah Banten.

Adapun cakupan dalam MoU itu meliputi koordinasi, komunikasi, konsultasi dalam mendukung bidang penegakan hukum dan perlindungan kemerdekaan Pers.

Kemudian, pemberian keterangan ahli dari Dewan Pers, serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan.

Dalam MoU itu juga memuat tentang kerjasama peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan sosialisasi terkait penerapan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

Berikutnya UU No. 11 tahun 2021 tentang perubahan atas UU No. 16 tahun 2004 tentang kejaksaan negara republik indonesia, dan UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Terakhir MoU ini juga mencakup kerjasama desiminasi dan publikasi informasi antar kedua belah pihak.

Serta pembentukan kelompok kerja (Pokja) atau media center PWI pada Kejaksaan negeri di wilayah hukum di Kejaksaan Tinggi Banten.

Ketua PWI Banten Rian Nopandra menyatakan apresiasi Kajati Banten atas keterbukaan informasi kepada insan Pers.
Dan dia berharap, MoU tersebut tidak hanya sebatas di tingkat Provinsi Banten.

Namun, nantinya PWI kota dan kabupaten se-Banten bisa mengikuti untuk melanjutkan MoU.

“Semoga Kejari di tingkat kabupaten/kota cepat merespon untuk kerjasama yang berkesinambungan ini,” katanya.